Alat komunikasi adalah hal yang paling
di butuhkan oleh manusia, dengan alat komunikasi manusia bisa
memperoleh informasi yang di butuhkan dari berbagai macam sumber. Pada
saat ini manusia terus menerus berinovasi untuk membuat alat komunikasi
secanggih dan seefisien mungkin demi mendapatkan informasi. Dan saat ini
muncullah “smartphone” yang perkembangannya sangat pesat dan mendapat
sambutan meriah dari masyarakat di berbagai belahan dunia. Nah sekarang
pertanyaannya adalah kenapa smartphone ini bisa sangat digandrungi? Ya
jawabannya sangat sederhana, karena smartphone merupakan hasil inovasi
yang merupakan pengembangan dari teknologi handphone dengan berbagai
kelebihan yang dapat membantu aktifitas penggunanya.
Sejarah Smartphone
Pada tahun 1999, Mike Lazaridis bisa di
sebut orang pertama kali yang menjadi cikal bakal perkembangan
smartphone di dunia. Beliau pertama yang melakukan inovasi di dunia
gadget dengan membuat Blackberry di perusahaan RIM Canada. Dari sini
para perusahaan teknologi di dunia tidak mau tinggal diam dan ingin
berusaha membuat sesuatu hal yang serupa bahkan lebih baik.
Dengan adanya mindset dan tekad yang kuat,
para pelaku bisnis tersebut berhasil membuat gadget pintar atau
smartphone dengan berbagai jenis dan fungsinya sehingga sekarang tengah
membanjiri pasar industri. Banyak diantaranya menawarkan harga yang
sangat terjangkau, mulai dari ratusan ribu saja, dan hal ini merupakan
kabar baik bagi sebagian masyarakat, khususnya golongan menengah kebawah
yang juga bisa ikut menikmati kemajuan teknologi pada saat ini.
Perkembangannya di Indonesia
Lalu bagaimana dengan perkembangannya di
Indonesia? Ya, Indonesia ini sendiri memang menjadi salah satu target
utama para produsen produk elektronik termasuk smartphone, karena jumlah
populasinya yang tinggi dan sifat konsumennya yang cenderung konsumtif
menjadi latar belakang bagi para perusahaan.
Menurut badan WorldPanel yang mensurvei
tentang karakter konsumen di Indonesia, maka dapat disimpulkan bahwa
masyarakat di Indonesia memang cenderung menyukai hal-hal yang berbau
digital dan perkembangan teknologi terbaru yang disesuaikan dengan
kepribadian masing-masing. Tidak heran jika saat ini para produsen
produk teknologi/elektronik termasuk smartphone berlomba-lomba untuk
menjangkau target marketnya dengan membuat produk yang sesuai dengan
minat dan kebutuhan tersebut.
Selain itu, dorongan teknologi smartphone
ini juga mendorong penggunaan beberapa layanan lainnya, khususnya dalam
hal penggunaan internet. Tentu saja, karena mau tidak mau pengguna
smartphone harus berlangganan layanan internet secara rutin agar
smartphonenya dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Walaupun memang
kita perlu akui kalau kebanyakan masih menggunakannya sebagai alat untuk
bersosialisasi melalui aplikasi sosial media. Disisi lain perangkat ini
juga umum digunakan untuk membantu mobilitas penggunanya dalam hal
pekerjaan atau bisnis. Dari berbagai faktor-faktor yang sudah disebutkan
diatas, apakah ini dapat diartikan sebagai peluang? Mari kita ulas
sama-sama dibawah ya.
Pengaruh Smartphone dalam dunia bisnis
Tanpa disadari pengguna smartphone saat
ini juga sudah menjadi target bagi para pelaku usaha. Ya, hal ini
didasarkan pada meningkatnya pengguna smartphone, gaya hidup hingga
kebutuhan mereka yang dilakukan melalui media tersebut. Salah satu
contohnya adalah pemenuhan kebutuhan melalui transaksi online. Kenapa
transaksi online? Karena adanya tingkat dorongan yang kuat akan
kesibukan rutin, aktifitas mobile yang tinggi hingga kecenderungan sifat
ingin serba cepat dan praktis.
Melihat adanya permintaan yang kuat dari
para pengguna internet, termasuk smartphone membuat pebisnis berusaha
untuk masuk ke dunia bisnis ecommerce yang konsepnya mengedepankan
kemudahan, kecepatan dan kesederhanaan dalam bertransaksi dengan menjual
segala sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen. Tidak hanya berhenti
disitu, saat ini perusahaan e-commerce juga membuatkan versi mobile dan
aplikasi untuk smartphone agar mereka dapat lebih menjangkau target
pasarnya, dan berusaha mengintimidasi konsumen untuk terus mengingat
mereka melalui layanan tersebut.
Contohnya, zalora, tokobagus, berniaga,
Traveloka, dsb, mereka merupakan perusahaan e-commerce yang lahir dan
berusaha melayani konsumennya dengan konsep pelayanan online dan juga
bisa diakses melalui smartphone. Perusahaan-perusahaan tersebut
nampaknya sadar akan adanya peluang besar kedepan sehingga mereka
berusaha memberi kemudahan transaksi ke konsumennya dengan membuat
berbagai fitur layanan yang menarik dan bermanfaat. Misalnya Traveloka.com, layanan pemesanan tiket pesawat online terbesar dan terpercaya di Indonesia ini
pada awalnya hanya fokus pada website utamanya, tetapi kemudian mereka
berusaha mengembangkan versi mobile agar konsumen dapat lebih mudah
mengaksesnya melalui smartphone tanpa kesulitan apapun.
Pembuatan website versi mobile yang khusus
diorientasikan kepada konsep sederhana, to-the-point dan ringan
tentunya akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan mudah dalam
bertransaksi. Namun nampaknya versi mobile seperti yang dibuat oleh
pihak Traveloka masih belum bisa memuaskan konsumennya . Kenapa? Karena
mereka ternyata masih ingin suatu layanan yang lebih mudah lagi, yaitu
melalui aplikasi khusus untuk smartphone. Ya ini memang sah-sah saja,
karena mereka dapat dengan mudah mengakses layanan seperti Traveloka,
Zalora, Blibli, dll jika menggunakan aplikasi tanpa perlu membuka
browser terlebih dahulu. Dengan konteks seperti ini, konsumen dapat
mengakses layanan yang diinginkan dimanapun, kapanpun dan dalam situasi
apapun sesuai dengan keinginan mereka. Intinya konsumen menginginkan
aplikasi untuk smartphonenya karena mereka menganggap suatu layanan
penting, sering digunakan, dan disisi lain mereka memiliki aktifitas
yang padat sehingga mereka butuh layanan berupa aplikasi yang diyakini
dapat menjadi solusi dari apa yang mereka butuhkan.
Secara keseluruhan perkembangan smartphone
memang menimbulkan efek positif bagi konsumen dan produsen. Namun di
sisi lain, produsen harus terus berusaha mengembangkan layanan/produknya
untuk dapat memenuhi ekspektasi konsumen. Ini berarti bahwa masyarakat
di Indonesia sudah semakin cerdas, dengan adanya banyak informasi dalam
genggaman mereka, dan mudahnya mendapatkan informasi melalui smartphone
membuat pola pikir konsumen terus berkembang dan tanpa disadari mereka
semakin selektif dalam memilih layanan yang mereka butuhkan. Kedepannya
teknologi smartphone ini tentu akan terus berkembang dan mungkin akan
ada lagi inovasi terbaru yang memungkinkan konsumen dan produsen dapat
berinteraksi dengan lebih mudah dan cepat tanpa adanya batas-batas
tertentu. Jadi, kita tunggu saja kejutan-kejutan terbaru dari hasil
karya manusia kedepannya ya.
Judul: perkembangan Smartphone
Ditulis Oleh Adie Cahyo Unknown
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar